Persamaan Reaksi Kimia

Apa itu persamaan reaksi kimia? Bagaimana aturan dalam suatu persamaan reaksi kimia? Pada diskusi sebelumnya, teman-teman telah membahas tentang massa atom, massa molekul, beserta rumus empiris dan rumus molekulnya. Pada pembahasan kali ini, kita akan mempelajari apa yang terjadi pada atom-atom, maupun molekul-molekul pada reaksi kimia?

Korosi besi
Masih ingatkah teman-teman apa itu reaksi kimia?. Proses perkaratan besi merupakan salah satu contoh zat yang mengalami reaksi kimia dan dapat kalian temui sehari-hari. Besi yang lama dibiarkan di udara, terkena panas hujan, lama kelamaan akan berkarat. Coba teman-teman amati besi sebelum berkarat dan setelah berkarat. Pada besi yang berkarat, terdapat zat baru yang melapisi besi. Dari mana zat tersebut berasal? Tentu terjadi perubahan dari struktur asal besi ketika berinteraksi dengan udara bebas. Teman-teman tidak bisa mengamati langsung perubahaan struktur atom yang terjadi, hingga membentuk zat baru, namun para ahli sepakat untuk mempelajari perubahan tersebut dalam suatu persamaan, yang dikenal dengan persamaan reaksi kimia. Apa itu persamaan reaksi kimia?Apa saja komponennya? Untuk menjawab itu semua coba kalian pecahkan problem 1 berikut ini.

Problem 1. (Menganalisis Persamaan Reaksi Kimia)

Gas metana di udara bereaksi dengan oksigen dan terbakar, menghasilkan karbondioksida dan air. Proses perubahan yang terjadi ditulis dalam suatu persamaan reaksi kimia sebagai berikut:

CH4 (g) + O2 (g) => CO2 (g) + H2O (g)

Perhatikan komponen persamaan reaksi tersebut dan jawablah pertanyaan berikut ini:
  1. Apa fungsi tanda (+) , ( ) dan (g) pada persamaan reaksi diatas?
  2. Manakah pada persamaan reaksi tersebut, komponen yang bertindak sebagai reaktan/pereaksi dan produk/hasil reaksi?
  3. Masih ingat dengan hukum kekekalan massa, hitunglah jumlah atom C, H dan O sebelum dan sesudah reaksi, apakah sudah memenuhi hukum kekekalan massa? Jika belum apa yang harus dilakukan? Jelaskan !
Yukk kita pecahkan bersama ^_^

Apa fungsi tanda (+) , (→) dan (g) pada persamaan reaksi diatas?.

(+) menunjukan kedua zat bereaksi, (panah) menunjukan hasil reaksi, (g) menunjukkan wujud zatnya adalah gas

Manakah pada persamaan reaksi tersebut, komponen yang bertindak sebagai reaktan/pereaksi dan produk/hasil reaksi?

Berdasarkan wacana dan persamaan reaksinya, zat yang bertindak sebagai reaktan adalah sebelum reaksi yaitu metana dan oksigen, sedangkan hasil reaksi adalah karbondioksida dan air.

Masih ingat dengan hukum kekekalan massa, hitunglah jumlah atom C, H dan O sebelum dan sesudah reaksi, apakah sudah memenuhi hukum kekekalan massa? Jelaskan!

Hukum kekekalan massa : Massa sebelum reaksi sama dengan massa sesudah reaksi.

Unsur Sebelum Sesudah
C 1 1
H 4 2
O 2 3
Total 7 6


Persamaan reaksi tidak memenuhi hukum kekekalan massa, untuk itulah harus disetarakan dengan memberi koefisien

CH4 (g) +2 O2 (g)  →  CO2 (g) + 2H2O (g)

Suatu persamaan reaksi tidak setimbang tidak banyak digunakan, untuk itulah persamaan reaksi harus diseimbangkan terlebih dahulu.

Prinsip dasar penyetaraan adalah atom-atom yang terlibat dalam reaksi adalah kekal. Setiap atom harus muncul pada pereaksi dan produk dalam jumlah yang sama. Dalam menyetarakan suatu persamaan reaksi, rumus kimia produk dan reaktan tidak boleh diubah. Dengan kata lain, angka indeks dalam rumus kimia reaktan dan produk tidak boleh dirubah.

Langkah Penyetaraan Persamaan Reaksi

Adapun langkah-langkah penyetaraan reaksi sebagai berikut:

Langkah 1: Menulis dengan tepat rumus kimia reaktan dan produk pada persamaan reaksi tidak setimbang.

Langkah 2: Menyetarakan jumlah atom pada reakta dan produk dengan menyesuaikan koefisien zat

Langkah 3: Menggunakan bilangan bulat terkecil untuk semua harga koefisien reaksi.

Tidak ada aturan baku dalam menyetarakan reaksi…semakin teman-teman banyak latihan akan semakin mahir…coba-coba terus yahh…

Pada persamaan reaksi kimia, koefisien menyatakan perbandingan jumlah partikel, namun karena partikel berukuran sangat kecil, sehingga perbandingan jumlah partikel  sebanding dengan perbandingan jumlah mol.



Referensi

Chang, Raymond. 2011. General Chemistry, The Essential Concept Ed 6. Graw Hill Higher Education. USA: New York
Effendy. 2007. A-level Chemistry For Senior High School Vol 2A. Bayumedia: Malang

1 comment:

Silakan berkomentar. Catatan: semua komentar akan dimoderasi