Tentang Ratu Kimia

Bismillah

Alhamdulillahirobil 'alamin …dengan izin Allah SWT kata demi kata blog ini pun mulai terlulis….

Saya adalah seorang ibu rumah tangga yang saat ini tengah mengandung lima bulan. Lahir di sebuah kota yang terkenal dengan tugu Katulistiwa, lidah buaya dan cerita horror kuntilanak hehe. Ya Pontianak di kota itulah saya menyelesaikan studi S1 Pendidikan Kimia pada salah satu universitas negeri disana selama 3 tahun 7 bulan tepat 24 Juni 2012. Pada tahun 2013 saya memutuskan melanjutkan S2 pendidikan kimia pada salah satu universitas negeri di kota sejuk asri, kota bunga, kota Apel.. Malang dan menyelesaikan studi tiga tahun tepat pada tanggal 29 April 2016.

Setelah lulus  S1 saya sempat mengajar di SMA dan SMK swasta di Pontianak sebagai guru kimia honorer, selain itu saya juga bekerja sebagai  tentor bimbel (bimbingan belajar) dan mengajar les privat di rumah. Begitu banyak pengalaman yang saya dapatkan tatkala terjun langsung kedunia pendidikan. Menghadapi secara langsung siswa dengan latar belakang pemahaman dan tingkah laku yang berbeda, bergaul dengan teman-teman guru menjadi pengalaman baru  buat saya. Tantangan saat terjun pertama kali kedunia sekolah ialah menjaga idealisme sesuai kompetensi guru. Tak jarang karena urusan finansial seorang guru menggadaikan idealismenya. Misalnya mengajar mata pelajaran yang bukan bidangnya, selain itu guru terkadang tidak menerapkan ilmu yang telah  didapatkan dibangku kuliah, kurangnya inovasi dalam pembelajaran membuat kimia terasa monoton di kelas. Kurangnya evaluasi hasil belajar yang dilakukan secara rutin oleh guru menyebabkan guru tidak memiliki dasar dalam melakukan tindakan dikelas, padahal ilmu evaluasi hasi belajar merupakan mata kuliah yang sudah dibekali bagi seluruh  calon guru. Di tinjau dari segi kompetensi pedagogik berdasarkan pengalaman yang saya dapatkan, masih banyak guru kimia yang belum mantap pondasi kimianya. Miskonsepsi-miskonsepsi masih banyak terjadi dimana semua berasal dari kurangnya pemahaman guru. Hal itu yang menggelitik saya untuk menyimpulkan bahwa hal utama yang diperlukan seorang guru adalah mencintai bidangnya terlebih dahulu, seperti halnya saya, maka saya harus mencintai kimia, memahaminya secara dalam, setelah itu mentransferkannya kepada orang lain ( siswa) dengan cara dan packaging yang tepat dan terbaik sehingga pesan itu sampai dengan baik ke siswa.

Blog ini merupakan blog yang membahas seputar kimia dan pebelajaran kimia di sekolah. Materi kimia dasar menjadi pokok pembicaraan pada blog ini, dilengkapi dengan informasi perkembangan ilmu kimia mutakhir. Studi kasus pembelajaran kimia di sekolah baik di Indonesia maupun luar negeri juga akan saya coba ulas mendalam pada blog ini.

Sebagai, calon guru ataupun dosen kimia, tentu saja harus memiliki pemahaman yang mantap tentang kimia. Pengalaman saya semasa kuliah sangat sulit mencari referensi kimia dan pembelajaran kimia khususnya blog-blog Indonesia yang membahas kimia dan pembelajarannya dengan lengkap dan berdasarkan sumber-sumber aktual dan pustaka yang jelas. Harapan saya blog ini kedepannya bisa menjadi salah satu rujukan dalam ilmu kimia yang membahas kimia secara tuntas dan lengkap.

Menulis blog merupakan pengalaman baru bagi saya. Kritik dan saran sangat membantu dalam perbaikan blog ini kedepannya. Harapan besar ratukimia.com dapat berjalan bersama memajukan pendidikan di Indonesia.

No comments:

Post a Comment

Silakan berkomentar. Catatan: semua komentar akan dimoderasi